Siang Malam Sabhara Polres Bangkalan Siap Melayani Masyarakat

Satbhara yang melakukan simulasi Pelayanan unjukrasa
Tribratanewsbangkalan.com - Salah satu fungsi Kepolisian yang biasa melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat adalah fungsi Satuan Bhayangkara yang dikenal dengan sebutan Satsabhara. Dengan seragam dan atributnya yang khas menggunakan baret cokelat dan pakaian PDL kempol, membuat masyarakat mudah untuk mengenali karena setiap hari tampak di sekitar kita mereka melakukan patroli rutin baik siang maupun malam hari.

Patroli ditempat sarana ibadah Klenteng Eng Ang Bio.
Di Polres Bangkalan Satuan fungsi Sabhara dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Musihram, SH banyak dimanfaatkan sebagai bantuan tugas umum disamping melaksanakan tugas pokoknya sendiri yakni pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli (Turjawali). Contoh kegiatan pengaturan yakni pengaturan disimpul-simpul jalan umum, kegiatan penjagaan dapat dilihat pada pos penjagaan pintu masuk Polres Bangkalan, kegiatan pengawalan dapat dilihat saat melakukan pengawalan tahanan dari Lapas Bangkalan menuju ke Pengadilan Negeri Bangkalan serta patroli bersepeda motor maupun mobil patroli dengan call sign 803 dan 804 pada jam rawan gangguan kamtibmas.

Satsabhara tertibkan balap liar di akses Suramadu
Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, bagi kelompok masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan unjurasa pun tak luput dari perhatian satsabhara. Sejumlah pasukan satsbahara yang tergabung dalam peleton pengendali massa (dalmas) menjadi penyekat massa pengunjukrasa dan gedung pejabat pemerintahan yang menjadi sasaran, agar tidak terjadi tindakan yang melebihi batas atau anarkis.

Patroli sabhara memantau situasi dikawasan perbankan.
Untuk melaksanakan tugas sebagai sebagai seorang polisi sabhara antara lain dituntut memiliki fisik yang kuat, sehat, sikap disiplin dan tanggap dengan situasi, trampil menggunakan alat juga harus mampu menangani kasus tindak pidana ringan (tipiring). Sedangkan tugas lain sebagai bantuan umum, anggota sabhara dapat digunakan pula dalam membantu evakuasi saat terjadi situasi bencana alam bekerja sama dengan BPBD Kab.Bangkalan. Bahkan secara terpadu fungsi sabhara selalu siap mendukung fungsi Kepolisian lainnya.

Kasat Sabhara Polres Bangkalan AKP Musihram, SH melalui Kasubbaghumas Polres Bangkalan menjelaskan bahwa, "pelaksanaan kegiatan patroli baik siang maupun malam menyesuaikan dengan kerawanan gangguan kamtibmas maupun adanya kegiatan masyarakat untuk menimbulkan rasa aman ditengah masyarakat, "ujarnya.

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU