Kapolres Bangkalan Mendukung Penuh Cyber Troops Polres Bangkalan

Kapolres Bangkalan bersama Cyber Patrol Polres Bangkalan
Sesuai arahan Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Machfud Arifin, S.H melalui Kabidhumas Polda Jawa Timur, Kombespol Frans Barung Marenga S.I.K dengan Surat Telegram No ST/69/I/2017/BIDHUMAS dengan tertulis tanggal 11 Januari 2017 dalam rangka pembentukan Tim Medsos masing-masing Polres minimal 5-10 Orang yang bertugas sebagai Cyber Patrol.

Tepat pada 25 Januari 2017 Cyber Patrol terbentuk di Jajaran Polres Bangkalan, dimana terdapat keunikan sendiri dalam pembentukan Cyber Patrol di Bangkalan yaitu Anggota Cyber Patrol di Polres Bangkalan memiliki julukan sendiri yaitu sebagai Cyber Troops atau Pasukan Siber.

Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M.Ridha, S.I.K., S.H., M.H. mendukung penuh pembentukan Cyber Troops, dimana awal pembentukan Cyber Troops atau Cyber Patrol adalah untuk mengurangi pemberitaan-pemberitaan yang Hoax dan akun-akun yang provokatif di media sosial maupun media konvensional sebagai upaya menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.
Cyber Troops Polres Bangkalan
Cyber Troops juga mempunyai tugas untuk meminimalisir akun-akun yang menyebarkan isu-isu provokatif, dimana dalam Undang-undang sudah diatur dalam pasal 28 ayat (2) jo pasal 45 ayat (2) UU RI No.11 tahun 2008 yang berisi “Terhadap pelaku yang melakukan tindakan-tindakan provokatif sehingga menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dapat diancam pidana dengan pasal 28 ayat (2) jo pasal 45 ayat (2) UU RI No.11 tahun 2008 dengan ancaman pidana penjara 6 tahun dan atau denda Rp 1.000.000.000. (Satu Miliar Rupiah).

Latar belakang para Kaum Pasukan Siber terdiri dari berbagai latar belakang golongan dan pergerakan para Kaum Pasukan Siber adalah bersifat rahasia sehingga tidak pernah menampilkan diri dengan identitas yang sesungguhnya, karena mempunyai prinsip menang tidak dipuji, kalah dicaci maki dan berani tidak dikenal. (Ag)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU