Kapolres Bangkalan : Saya Indonesia Saya Pancasila

Upacara Memperingati hari Lahir Pancasila di Mapolres Bangkalan
Tribratanewsbangkalan.com – Pancasila merupakan ideologi dasar Negara Republik Indonesia,  Kata Pancasila berasal dari Bahasa Sanskerta dimana mempunyai arti pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tanggal 1 Juni merupakan momentum dalam memperingati Lahirnya Pancasila, Jajaran Kepolisian Resor Bangkalan melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Mako Polres Bangkalan, Kamis (01/06/2017) pagi.

Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M.Ridha S.IK, S.H, M.H bertindak sebagai  Inspektur Upacara sekaligus membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia dimana dalam sambutan tersebut mengatakan Pancasila merupakan hasil dari kesatuan prose yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir.Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.
Kapolres Bangkalan membacakan Amanat Presiden RI mengenai Hari Lahir Pancasila
Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Oleh karena itu peran aktif para  ulama, ustadz, pendeta, pastur, biksu, pedanda, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus diingatkan.

Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.

“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan Bangsa demi kemajuan Indonesia kita bersama, Saya Indonesia Saya Pancasila”, Tegas Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M.Ridha S.IK, S.H, M.H. (Ag)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU