Kapolres Bangkalan: Pesantren Berperan Penting Bagi NKRI

Kapoles Bangkalan (mimbar) memberikan sambutan dalam acara yang diadakan keluarga besar TNI.
Tribratanewsbangkalan.com - Selasa pagi (28/11) bertempat di Pondok Pesantren Hidayatullah Al-Muhajirin Arosbaya, keluarga besar TNI mengadakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) bertemakan mewaspadai proxy war di wilayah NKRI.

Perlu diketahui, proxy war adalah istilah yang merujuk pada konflik antara dua negara yang tak terlibat langsung dalam peperangan karena melibatkan proxy atau kaki tangan serta agen. Gunanya jelas, untuk menghancurkan negara tanpa jalur militer.

Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M. Ridha, SIK, SH, MH turut hadir dan memberikan sambutan kepada ratusan santri dan santriwati Ponpes Hidayatullah Al-Muhajirin. Dalam sambutannya, AKBP Anis mengingatkan betapa pentingnya peran pesantren dalam perjuangan membela negara.

"Peran pesantren sangat sentral. Tidak sedikit tokoh-tokoh perjuangan dari Islam, khususnya NU yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Banyak orang bilang NU rohnya berasal dari Bangkalan, karena banyak tokoh NU lahir dari Bangkalan. Beberapa lahir dari pondok ini." tuturnya.
Kapolres memberikan sambutan dan arahan terkait proxy war dalam tatanan harkamtibmas.

AKBP Anis juga menjelaskan bahwa selama dirinya bertugas di Bangkalan, isu-isu terkait gangguan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat sudah sangat berkurang.

"Polres Bangkalan memiliki program Jumrah (Jumat bersama beribadah) dan juga Siskamling (Sistem Kemanan Lingkungan) yang harus dijalankan rutin dan berlanjut. Sehingga hasilnya kini tingkat kriminalitas di Bangkalan cenderung menurun."  jelas AKBP Anis.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kepala Garnisun Tetap III Surabaya (Kasgartap III/SBY), Brigadir Jenderal TNI (MAR) Widodo Dwi, AKBP I Made Arjana dari BNNP dan Letkol Inf. Drs. Dodi Suryadi yang turut menjadi narasumber dalam tema proxy war.

Kegiatan ini diharapkan terjalinnnya silaturahmi yang baik antara TNI dengan Masyarakat dan juga Forum Pimpinan Daerah (Forpimda). Masyarakat juga diharapkan untuk lebih paham akan bahaya proxy war. (aldi)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU