Kapolres Bangkalan Janji Usut Tuntas Kasus Penyelewengan Dana Bansos

(Kapolres Bangkalan Janji Usut Tuntas Kasus Penyelewengan Dana Bansos)
Tribratanewsbangkalan.com - Aparat penegak hukum di wilayah Kabupaten Bangkalan mulai melirik adanya indikasi penyelewengan perihal penyaluran dana Bansos di wilayah paling barat di ujung pulau Madura tersebut. 

Modus dugaan penyelewengan yaitu ada oknum yang mengoordinasi atau mengumpulkan rekening tabungan dan ATM milik keluarga penerima manfaat (KPM) PKH.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Bansos Bangkalan AKBP Boby Pa’ludin Tambunan menyampaikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangkalan. Sebab, warga mengadukan dugaan penyelewengan PKH kepada Dinsos. Setelah itu, pihaknya akan melakukan penyelidikan dan pengumpulan keterangan di lapangan.

Hal ini diutarakan langsung oleh mantan Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim tersebut kepada awak tribratanewsbangkalan.com hari ini, Kamis (28/02/2019) di Mapolres Bangkalan. "Kami belum menerima informasi apapun mengenai penyelewengan dana bansos dari pihak Dinsos Kabupaten Bangkalan. Pemotongan (bantuan PKH) ini sebagai ucapan terima kasih atau murni penyelewengan kami belum tahu. Ini yang akan kami selidiki kedepan,” ungkap beliau. 

Jika aduan dari masyarakat tersebut terbukti memang terjadi indikasi pelanggaran, pihaknya akan memproses masalah tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Kepolisian juga belum bisa memberikan banyak keterangan karena belum berkoordinasi dengan Dinsos Bangkalan perihal dugaan indikasi pengumpulan rekening tabungan tersebut. 

Sebagai perwira yang telah malang melintang di dunia Reserse dan Kriminal, tentu penyelewengan dana bansos ini akan ditindak tegas tanpa pandang bulu. AKBP Boby pun menyiratkan jika terjadi pelanggaran dan pelaku merupakan oknum kepolisian, sanksi tegas akan diberikan. 

”Kami akan memerintahkan Kasatreskrim untuk berkoordinasi dengan pihak Dinsos. Kemudian kalau ada aduan itu, akan ditindaklanjuti. Kami akan periksa saksi-saksi,” kata Kapolres Bangkalan tersebut.

Lebih lanjut lagi, jika ada anggota kami yang melakukan penyelewengan, kami akan proses secara transparan dan akuntabel. Akan kami tindak tegas. Saya tidak akan main-main. Jadi, kepada masyarakat Bangkalan silahkan awasi dan laporkan kepada pihak kepolisian jika ada oknum kami yang melakukan penyelewengan dana negara ini,"tegas Pria lulusan Akademi Polisi (Akpol) 1999 tersebut. (Duwi)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU