Tak Menular Ke Manusia, Bhabinkamtibmas Polsek Klampis Ingatkan Prokes Sebelum Menyentuh Hewan

 

Polres Bangkalan, Ditengah wabahnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi pada hewan ternak, Kepolisian Resor Bangkalan turut ikut andil dalam memberikan pengamanan, pendampingan serta edukasi kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan Polsek Klampis melalui bhabinkamtibmas Desa Buluk Agung BRIPTU  Dymas Alfaroby yang melakukan penyisiran ke desa-desa terutama ke rumah warga yang memiliki maupun merawat hewan ternaknya seperti sapi, kambing, kerbau, maupun kuda.

"Kami siap turun ke desa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terlebih tidak panik dengan adanya wabah ini. Kami memonitoring langsung kondisi kandang, fisik hewannya, pola makannya, maupun asupan vitaminna untuk mencegah PMK ini," ucap BRIPTU  Dymas.

Lanjut Dymas, dirinya menyampaikan kepada Bapak Talhes, warga Desa Buluk Agung yang saat itu tengah dikunjungi, agar tetap patuhi protokol kesehatan sebelum maupun sesudah dari kandang.

"Sebelum ke kandang, pakai masker, cuci tangan pakai sabun sebelum maupun sesudah dari Kandang, perhatikan kebersihan kandang, kebersihan makanan, kondisi fisik tubuh hewan, terutama dibagian mulut dan kaki, serta bagaimana dengan nafsu makannya. Penyakit ini memang tidak menular ke manusia, namun tidak ada salahnya mencegah dari penyakit lainnya," imbuhnya.

Sebagai garda terdepan yang dekat dengan masyarakat, Dymas juga menyarankan hewan ternak tidak dibiarkan dilepas tanpa pengawasan.

"Cegah terjadi pencurian hewan, dan kebersihan kandang ternaknya agar tidak mengganggu warga disekitarnya."


(tan)



Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU