Bulan Ramadhan, Polres Bangkalan Gencarkan Patroli Sahur Tingkatkan Kamtibmas

 


Polres Bangkalan - Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M tidak membuat personel Polres Bangkalan kendor dalam bekerja. Mereka justru meningkatkan kinerja dengan menggelar Patroli Sahur. Pada patroli ini, selain menjaga keamanan dan ketertiban warga, personel juga membangunkan warga untuk ibadah sahur. Sasaran patroli ini tidak hanya di jalan protokol, namun juga pemukiman.

Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan, kegiatan Patroli Sahur dilaksanakan selama Bulan Ramadhan. Patroli diperlukan untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Bangkalan dan juga ikut membangunkan masyarakat untuk sahur.

"Petugas membangunkan warga untuk sahur. Petugas berkeliling kota menggunakan mobil patroli. Petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Patroli ini gabungan antara Sat Samapta dan Satlantas untuk tetap memastikan Bangkalan aman dan kondusif saat sahur," kata Kapolres, pada Selasa pagi ini (28/03/2023). 

Kasat Samapta AKP Buntoro, S.H. dan Kasatlantas AKP Anindita Harcahyaningdyah, S.I.K mengatakan, kegiatan patroli dilaksanakan antara pukul 02.00 – 03.00 WIB. Dikarenakan waktu tersebut biasanya sudah digunakan masyarakat, utamanya ibu-ibu untuk memasak persiapan sahur.

"Ya, kita patroli menjaga ketertiban masyarakat sambil membangunkan masyarakat untuk sahur. Menggandeng Sat Samapta, kita lakukan himbauan untuk tetap menjaga kondusifitas selama sahur," ujar AKP Anin, sapaan akrab sang Kasatlantas Polres Bangkalan tersebut. 

Sementara itu, AKP Buntoro, S.H. menjelaskan jika tradisi di Kabupaten Bangkalan, masyarakatnya selama bulan puasa Ramadhan antara pukul 19.30 – 20.00 WIB untuk melaksanakan tarawih dan juga dilanjutkan dengan tadarus Alqur’an hingga menjelang sahur. 

"Kami dalam operasi sahur dalam beberepa kesempatan bergabung dengan anak-anak muda yang sedang membangunkan sahur," ujar AKP Buntoro.

AKP Buntoro menambahkan, bahwa Sat Samapta Polres Bangkalan bersama Satlantas Polres Bangkalan pada Bulan Ramadhan rutin melaksanakan patroli pada malam hari, utamanya pada jam rawan kejahatan.

Sasaran kegiatan antara lain perbankan, obyek vital, pertokoan, serta pemukiman penduduk dan khusus untuk Bulan Ramadhan pelaksanaan patroli dikombinasikan juga pada saat sahur. "Sat Samapta dan Satlantas terus berkolaborasi bersama untuk menjaga kamtibmas dan kondusifitas selama bulan Ramadhan. Diantaranya dengan menggencarkan patroli sahur bersama," imbuh AKP Buntoro. 

"Kejahatan tidak mengenal tempat dan waktu, dan biasanya menjelang hari raya terjadi kenaikan kasus, maka dari itu polisi hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman," tambah AKP Anindita. (Red/Hum)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU