Jelang Musim Liburan, Satlantas Polres Bangkalan Lakukan Pemeriksaan Ramp Check Bus Pariwisata

 


Polres Bangkalan - Menjelang libur sekolah, Satlantas Polres Bangkalan bersama Dinas Perhubungan Kabupaten setempat melakukan pemeriksaan Ramp Check, Rabu siang ini (29/05). 

Ramp check merupakan sebuah standar inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum guna meningkatkan dan mewujudkan keselamatan lalu lintas angkutan jalan. Ini merupakan instruksi langung dari Mabes Polri menyikapi terjadinya tragedi bus di Ciater beberapa waktu lalu.

Kegiatan inspeksi Ramp Check sendiri dipimpin KBO Satlantas Polres Bangkalan Ipda M. Nurcahyono, S.H., M.H. bersama Kanit Turjawali Iptu Wiwit Heru Santoso dengan metode 'jemput bola' atau mendatangi langsung sejumlah garasi Bus Pariwisata di wilayah Kabupaten Bangkalan, serta nampak mendatangi terminal untuk melihat sejumlah armada bus yang digunakan untuk membawa penumpang menuju kota kota besar di Indonesia. 

Saat Ipda Nurcahyo dan Iptu Wiwit bersama Dishub mengecek bagian body bus, terlihat petugas dari bus mendampingi melakukan pengecekan mulai dari kondisi kendaraan, kelayakan fungsi, hingga kelengkapan surat-surat kendaraan. Selain itu, para sopir dan kru bus juga dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Kasatlantas Polres Bangkalan AKP Grandika Indera Waspada, S.I.K., M.H. mengatakan, inspeksi ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas akibat kerusakan, kelayakan fungsi atau bus yang menyalahi aturan.

"Pengecekan kendaraan bus pariwisata maupun antar kota sebagai persiapan menghadapi libur sekolah. Tujuannya adalah memastikan bahwa bus dalam kondisi prima dan siap digunakan," ujar AKP Grandika, saat ditemui secara terpisah Rabu (29/05). 

Disamping itu, pihaknya bersama forum lalu lintas seperti Dinas Perhubungan ditambah Satpol PP Bangkalan selalu berkoordinasi untuk melaksanakan pengecekan bus-bus yang keluar maupun masuk Bangkalan

"Kami uji kelayakan dan kondisinya untuk memastikan bahwa bus pariwisata yang digunakan dalam keadaan aman. Karena kejadian-kejadian kecelakaan sebelumnya hingga menyebabkan korban-korban hingga meninggal dunia, itu karena bus kurang layak, kurang dilakukan pengecekan. Kami laksanakan ini supaya kita bisa bersama mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan," imbuh sang Kasatlantas. 

Tujuan dari kegiatan ramp check ini adalah agar setiap kendaraan angkutan (Bus) dikala beroperasional sudah laik jalan, sehingga meminimalisir resiko yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas saat libur panjang sekolah.

"Kami juga menghimbau kepada pengemudi bus agar selalu tertib berlalu lintas dan saling menghargai sesama pengguna jalan. Sehingga dengan harapan selama perjalanan bisa selamat sampai tujuan," jelas AKP Grandika saat di Mapolres Bangkalan. (Red)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Satlantas Polres Bangkalan Lakukan Pembinaan & Penyuluhan Etika Berlalu Lintas di Terminal & Pasar

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU