Sukses Digelar, Polres Bangkalan Lestarikan Budaya & Seni Melalui Festival Musik Patrol Se-Bangkalan

 

Polres Bangkalan - Polres Bangkalan bersama Jawa Pos Radar Madura kembali menggelaran Festival musik patrol Kamtibmas pada bulan ramadhan 1445H/Tahun 2024 di Kabupaten Bangkalan.
 
Digelar semalam, Selasa  (3/04/2023) Festival musik patrol diresmikan oleh Pj Bupati Bangkalan Dr. Arief M. Adie, M.Si bersama Forkopimda Kabupaten Bangkalan.
 
Peresmian ditandai dengan memberangkatkan 30 peserta patrol yang berasal dari kalangan pelajar, umum dan wilayah kamtibmas 18 Kecamatan Kabupaten Bangkalan.

Kemeriahannya meramaikan jalanan kota Bangkalan selepas sholat tarawih digelar dengan start Jalan Letnan Abdullah, Jalan Ahmad Yani, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Trunojoto, Jalan Jokotole dengan garis finish di Jalan Letnan Abdullah.
 
Wakapolres Bangkalan KOMPOL Andi Febrianto Ali, S.E. saat dikonfirmasi menerangkan bahwa Festival Musik Patrol Kamtibmas se Kabupaten Bangkalan merupakan ajang yang tepat untuk melestarikan budaya dan seni khas Madura. 
 

"Musik patrol merupakan agenda tahunan ini untuk melestarikan kesenian tradisional dimana mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan alat musik lain karena alat musik utamanya hanyalah berupa kentongan yang terbuat dari kayu atau bambu. Namun lomba kali diperbolehkan menggunakan alat musik listrik agar peserta lebih berkreasi. Sama seperti saat membangunkan warga sahur di bulan ramadhan," terangnya.
 
 
Lanjut Andi, dirinya sangat mengapresiasi para peserta yang telah semangat mengikuti lomba patrol kamtibmas.
 
 
"Terlihat dari semangat para peserta yang menampilkan atraksinya, memainkan alat musik maupun kentongannya, begitu pula dengan antusiasme para penontonya. Tentu ini menjadi hiburan rakyat dan ladang usaha bagi para pedagang. Terimakasih kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut sehingga acara dapat berlangsung dengan meriah," tuturnya.


Disamping itu, imbuh Andi, miliki harapan agar masyarakat membangun kembali giat-giat kamtibmas di wilayahnya.
 

"Aktifkan kembali kegiatan pos ronda, pos kamling, gardu-gardu keamanan, yang dilengkapi dengan peralatan kentongan, pentungan/ tongkat, Senter, Lampu emergency, tali pengikat, Kotak P3K,Alat pemadam kebakaran, buku mutasi penjagaan,pengeras suara, peta wilayah, alat komunikasi HP dan HT, dan pendukung lainnya," tutup Ali.


Saat itu pula diumumkan pemenang dan pemberian hadiah pada diujung acara.

Juara  I dimenangkan oleh Sanggar Seni Kab. Bangkalan (SMKN 3 Kab. Bangkalan / Adi Podai), juara II dimenangkan oleh Pemuda Kamal Kab. Bangkalan, dan Juara III oleh SMKN 2 Bangkalan.


(tan)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Satlantas Polres Bangkalan Lakukan Pembinaan & Penyuluhan Etika Berlalu Lintas di Terminal & Pasar