Berikan Arahan kepada 3 Catin, Polres Bangkalan Gelar Sidang BP4R

 


Polres Bangkalan - Kepolisian Resor Bangkalan menggelar Sidang Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk atau BP4R untuk anggota Polri di Aula Wicaksana Laghawa Polres Bangkalan hari ini, Rabu (22/5/2024). 

 

Di mana setiap anggota Polri yang akan menuju jenjang perkawinan harus melalui beberapa proses. Salah satunya adalah Sidang BP4R ini.

 

Kegiatan Sidang BP4R ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Bangkalan Kompol Andi Febrianto Ali, S.E., Kabag SDM Kompol Hartanta, S.H. dan Bhayangkari Cabang Bangkalan yang siap memberikan bekal dan arahan kepada 3 pasangan Catin (calon pengantin).

 

Wakapolres Bangkalan Kompol Andi Febrianto Ali, S.E. menjelaskan, tujuan sidang BP4R ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota Polri dan pasangan dalam membangun rumah tangga yang secara administrasi terikat dengan kedinasan dan peraturan Kepolisian.

 

"Sidang nikah ini agar mempersiapkan diri untuk menuju ke rumah tangga sakinah mawaddah warrahmah dan memberikan arahan serta petunjuk kepada calon mempelai agar mengerti tugas dan peran Polri jika sudah berumah tangga nantinya," ujar Kompol Andi saat memberi sambutan sidang. 

 

Selain itu, sidang BP4R adalah sidang untuk pemberian izin nikah pada anggota Bangkalan yang akan melaksanakan pernikahan.

 

"Sebelum mendapatkan izin untuk melakukan pernikahan terlebih dahulu diajukan pertanyaan khususnya kepada calon Bhayangkari yaitu tentang kesiapannya menjalani bahtera rumah tangga sebagai Bhayangkari, karena kesibukan tugas si istri harus ditinggal oleh suami sampai beberapa hari, juga disampaikan oleh Pengurus Bhayangkari dalam tindakan sehari-hari baik berpakaian dan pergaulan sebagai Bhayangkari, Jika persyaratan yang diajukan oleh peserta siding disanggupi oleh calon Bhayangkari barulah dikeluarkan izin untuk melakukan pernikahan," tutup Andi.

 

Kemudian, setelah diberikan izin maka dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh peserta atau pasangan sekaligus penyerahan bakal pakaian Bhayangkari oleh pengurus Bhayangkari Cabang Polres Bangkalan.

 

(Red/Hum)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Satlantas Polres Bangkalan Lakukan Pembinaan & Penyuluhan Etika Berlalu Lintas di Terminal & Pasar

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU