Tingkatkan Kualitas SDM Polri, Polres Bangkalan Gelar Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Satuan Intelkam

 


Polres Bangkalan - Kepolisian Resor Bangkalan menggelar Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Satuan Intelkam (Intelijen Keamanan) di Aula Wicaksana Laghawa, pada Selasa pagi ini (14/05). 

Sekitar 30 personil gabungan dari Polres Bangkalan dan Polsek jajaran mengikuti kegiatan pelatihan dengan seksama. Pelatihan dibuka langsung oleh Kabag SDM Polres Bangkalan Kompol Hartanta, S.H.

Pelatihan dilaksanakan guna meningkatkan peran fungsi intelijen, terutama dalam memberikan masukan kepada pimpinan dalam pengambilan keputusan, seiring situasi kamtibmas dan tindak kriminalitas yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Didampingi Kaurbinopsnal Sat Intelkam Ipda Sugiono, Kabag SDM Kompol Hartanta, S.H. nampak memberikan arahan atau amanat dari Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya, S.H., S.I.K., M.I.K. 

Dalam arahannya, ia mengungkapkan bahwa dalam mendukung program dan kebijakan Kapolri, perlu adanya peningkatan kemampuan preemtif yang profesional guna menjaga stabilitas keamanan di masing-masing wilayah. 

Dalam pelatihan fungsi teknis intelijen telah disusun beberapa materi antara lain, teknis dasar Intelijen, produk Intelijen, pengamanan Intelijen, penggalangan Intelijen, administrasi Intelijen, dan pelayanan masyarakat.

"Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan serius dan menanyakan kepada narasumber atau tutor terkait materi yang mungkin masih belum jelas. Seluruh peserta diharapkan memiliki kemampuan yang lebih dari pada sebelumnya," ujar Kompol Hartanta. 

Kompol Hartanta berharap dengan diselenggarakannya pelatihan tersebut dapat meningkatkan peran fungsi Intelijen, dimana Intelijen merupakan salah satu bagian yang menjadi ujung tombak dalam institusi terutama pada Kepolisian, karena setiap Intelijen diharapkan memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan.

Disamping itu, Kompol Hartanta juga menegaskan bahwa pelatihan fungsi teknis Intelkam ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pemahaman dan penguasaan intelijen yang handal melalui upaya pendidikan dan pelatihan serta proses pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan diri demi terwujudnya SDM Intelijen Polri yang bermoral, berpengabdian, berwawasan, cerdik dan cendikiawan. (Red)

Postingan populer dari blog ini

“Giat Polisi Baik,” Satbinmas Polres Bangkalan Berikan Bantuan Sosial di Ramadhan Penuh Berkah

Jum'at Pagi, Waka Polres Pimpin Apel di Mapolres

Hari Kedua, Polres Bangkalan dan BKO Brimob Polda Jatim Amankan Rekapitulasi Suara di KPU